Tak selama-lamanya onderdil mobil paling baru senantiasa dalam kondisi baik. Ada saatnya onderdil alami rusaknya atau sudah habis saat pakainya hingga mengharuskan yang memiliki mobil untuk menggantinya.
Hal itu juga berlaku pada sokbreker yang bekerja aktif saat mobil bergerak. Komponen ini berperan untuk meredam guncangan. Diluar itu sokbreker juga bertugas untuk menahan ayunan bobot mobil sampai beberapa ratus kg serta memberi kenyamanan serta ingindalian yang stabil saat bermanuver.
Bila komponen itu harusnya ditukar, umumnya sebagian bengkel menyarankan untuk menggantinya dengan sparepart asli atau standard pabrikan. Penentuan sokbreker tak bisa asal-asalan, sebab produsen mobil tentunya sudah lakukan uji penelitian untuk pilih sokbreker yang pas.
“Jika rusak kami merekomendasikan supaya ditukar yang orisinal, dari sisi kwalitas dinilai baik serta untuk hindari sokbreker rekondisi yang usia pakainya lebih pendek lagi, ” kata Doni, kepala bengkel Nawilis Radio Dalam, di Jakarta Selatan.
Seperti yang di ketahui, banyak bengkel onderdil mobil yg tidak cuma jual sokbreker mobil ori, tetapi juga jual versus aftermarket. Product itu diklaim mempunyai kwalitas yang tidak kalah baik.
Selain itu harga jual sokbreker itu umumnya lebih terjangkau dari pada sokbreker orisinal. Hal semacam ini jadi keuntungan sendiri untuk yang memiliki mobil yang mempunyai dana terbatas untuk beli sokbreker baru.
Banyak merk sokbreker mobil yang mengedar di market, dengan karakter yang tidak sama pada merk satu dengan yang lain. Merk yang umum didapati yaitu Tokicho, DII, KYB serta Bilstein. Hal semacam ini kadang waktu malah bikin calon konsumen kebingungan waktu akan beli.
![]() |
Sokbreker Mobil |
Langkah pergantian
Sebelumnya mengambil keputusan untuk pilih sokbreker yang dikehendaki, baiknya cocokkan dengan keperluan Anda. Anda bisa lakukan konsultasi terlebih dulu dengan pihak bengkel untuk penentuan type sokbreker.
“Kita tak segera gunakan gitu saja, umumnya kita bertanya dahulu kebutuhannya si customer. bila untuk kenyamanan kita gunakan yang lebih empuk, namun bila untuk stabil kita anjurkan gunakan yang lebih keras, ” terang Odi, kepala bengkel Jaya Kekal, Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta Utara.
Ia menyampaikan, janganlah terpaku oleh satu merk yang banyak dipakai oleh beberapa yang memiliki mobil. “Contoh, Bilstein, lantaran karakternya lebih keras, ia nyaman waktu di laju kecepatan tinggi serta tak limbung waktu bermanuver. Nah janganlah samakan dengan mobil yang digunakan untuk harian lantaran bakal tidak sama, serta condong jadi tak nyaman kerena tidak sama keperluan, ” terangnya.
Selain itu, Anda dapat juga ajukan pertanyaan lebih dahulu pada kerabat maupun penjual. Sebab, tak semuanya produsen sokbreker aftermarket menghasilkan sokbreker untuk semuanya type serta merk mobil. Meskipun satu merk sokbreker, kadang-kadang pabrik membuatnya tidak sama serta mutunya juga tidak sama. Oleh karena itu upayakan untuk pilih yang sama juga dengan sokbreker orisinal.
Butuh Anda mengerti, durabilitas atau kehandalan usia gunakan pada sokbreker orisinal ataupun aftermarket bisa ditetapkan dari keadaan jalan yang dilewati. Bila mobil kerap melewati jalan rusak, jadi kinerjra sokbreker semakin lebih berat waktu meredam ayunan bobot kendaraan.
Jika Anda memakai mobil untuk aktivitas harian, disarankan tidak untuk memodifikasi sisi kaki-kaki terlalu berlebih. Argumennya, pemakaian velg lebar serta ban berbobot lebih berat dari ukuran standarnya bakal mempengarui umur gunakan sokbreker. Bukan sekedar itu saja, kerja suspensi juga jadi lebih berat.
Sekian yaitu sebagian panduan penentuan sokbreker mobil. Penentuan sokbreker yang pas dengan keperluan Anda bakal menghindari Anda dari pengeluaran yang tak perlu. Diluar itu kemampuan sokbreker bakal sesuai sama apa yang Anda berharap.
Jangan lupa simak informasi mengenai Center Bearing Mobil.
Jangan lupa simak informasi mengenai Center Bearing Mobil.
Komentar
Posting Komentar