Langsung ke konten utama

Belajar Mengemudikan Mobil Mesin Turbo

Bersamaan mengembangnya tehnologi didunia otomotif, mulai banyak mobil yang mengambil tehnologi mutakhir. Untuk bidang performa, kita pasti telah tak asing dengan mesin turbo. Mesin ini cukup menarik hati karena karakternya. Pada putaran mesin spesifik, dorongan tenaga bakal bertambah dengan cara mendadak serta berikan dorongan yang kuat. Tetapi untuk Anda yang belum punya kebiasaan mesti mengetahui karakter mesin turbo supaya tak kaget. 

Ada satu hal yang butuh di perhatikan waktu mengendarai mobil bermesin turbo. Waktu melaju, ada peristiwa saat pedal gas mulai diinjak sampai turbo aktif. Hal semacam ini di kenal dengan arti turbo lag. Karakter itu mesti Anda mengerti terlebih dulu. Sebab, demikian turbo aktif lonjakan mesin yang mendadak bisa bikin Anda kehilangan kontrol atas mobil yang Anda kemudikan. 

“Mesin yang diperlengkapi turbo mempunyai rasa yang tidak sama dengan mesin umum. Mesin umum merespons lebih cepat namun halus dari pada mesin turbo, lantaran di mesin turbo ada turbo lag, serta lalu baru ada sepakan tenaga,” terang Marcell Kurniawan dari Real Driving Course, diambil dari Autobild. 

Mobil Mesin Turbo

Pada mesin modern, terutama diesel turbo tanda-tanda turbo lag memanglah bisa diminimalkan karena turbo telah bekerja di putaran relatif lebih rendah. Cuma saja, tenaga yang dengan cara mendadak melonjak tetaplah dapat bikin pengemudi terlepas kontrol. Oleh karena itu pengemudi mesti memiliki kekuatan mengemudi yang telah masuk ke pengalaman psikomotoriknya. Pengemudi dituntut mesti mampu menyesuaikan dengan kondisi yang ada. 

“Seperti dengan lakukan penginjakan pedal akselerator yg tidak mengakibatkan kendaraan melompat serta membahayakan dianya serta pengemudi lain,” jelas Marcell. 

Panduan Mengendarai Mobil Mesin Turbo 

Karenanya, waktu mulai mengemudi mobil bermesin turbo dianjurkan untuk lakukan sistem penyesuaian dengan membaca karakter mobil turbo itu. Injak pedal gas dengan cara beragam untuk lihat tanggapan mesin. Cobalah juga pengereman serta rasakan feedback mobil lewat setir. 

Sesaat prinsip safety driving tak ada bedanya dengan berkendara mobil normal. Misalnya seperti waktu akan mendahului mobil lain. Tetapi senantiasa ingat kalau mobil yang Anda kemudikan menggunakan mesin turbo hingga Anda senantiasa siaga. Janganlah gampang terbawa emosi maupun nafsu. 

“Tanya dahulu pada diri kita sendiri, apakah saya butuh untuk mendahului, apakah ketentuan memperbolehkan, apakah kondisi sekitaran aman untuk mendahului, apakah dengan cara skill atau kendaraan kita dapat? Bila satu diantara pertanyaan diatas jawabannya tak, janganlah kerjakan!” kata Marcell. 

Prinsip pengereman mobil mesin turbo juga sama. Yang butuh Anda perhatikan yaitu jarak berhenti kendaraan yang di pengaruhi kecepatan reaksi manusia (saat dari mata lihat sampai kaki mencapai pedal rem), reaksi kendaraan (saat dari pedal rem diinjak sampai komponen rem bekerja) serta momentum (saat dari komponen bekerja hingga mobil berhenti). Segalanya itu bergantung pada kecepatan mobil serta keadaan jalan. 

Jadi, yang perlu Anda cermati waktu mengerem yaitu senantiasa melindungi jarak dengan kendaraan lain sesuai sama kecepatan. Sebab makin cepat jadi makin jauh jarak iringnya. Yakinkan selalu untuk melihat jauh ke depan hingga senantiasa siap waktu mesti mengerem. 

Dengan cara tehnis, sama juga saat hadapi jalan menanjak atau alami penurunan. Cuma saja, dalam soal defense driving, waktu jalan menanjak butuh di perhatikan kendaraan yang datang dari arah berlawanan di ujung tanjakan. Yakinkan tak ada kendaraan lain dari arah berlawanan yang mendahului. Saat alami penurunan, gunakan dampak engine brake. 

Sesaat untuk mesin bensin, biasanya reaksi turbo didapat pada putaran lebih tinggi di banding mesin diesel. Oleh karena itu perhatikan supaya Anda tak kaget. Butuh diingat, untuk transmisi manual Anda memegang penuh kendali pada transmisi. Sedang pada transmisi automatis tekuni dahulu karakter perpindahannya. 

Sekian yaitu panduan mengemudikan mobil mesin turbo. Senantiasa patuhi ketentuan jalan raya serta jadilah pengemudi yang santun dalam berkendara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memaksimalkan Fitur Keselamatan Untuk Mencegah Nyawa Melayang

Piranti system keselamatan berkendara pada mobil, saat ini semakin ramai dipakai pada kendaraan didunia. Feature yang umum tersemat di bagian penghenti laju pada kendaraan ini, biasanya telah jadi sisi dari peralatan standard waktu kendaraan di luncurkan.  Hasil studi yang pernah dikerjakan oleh Boston Consulting Group mengatakan, kian lebih 25% tabrakan mobil di AS semestinya tidak berlangsung bila customer mobil baru memakai tehnologi system keselamatan ini.  Fitur Keselamatan Mobil Instansi ini melaporkan hasil studinya di Amerika Serikat, kalau tehnologi keselamatan paling baru seperti Anti-lock Braking Sistem, Electronic Brake Distribution, Brake Assist, Smart City Braking serta piranti pengereman automatis yang lain sesungguhnya bisa menyelamatkan 10. 000 jiwa per th. dari keseluruhan 33. 000 peristiwa kecelakaan jalan raya di jalan raya.  Tidak cuma mencegah korban jiwa, system itu dikalkulasikan juga menghindar terjadinya kerugian sebesar USD 2...

Pantek Kopling Saat Dana Terbatas

Pikirkan bila tengah berkendara dengan mobil manual, mendadak tercium bau gosong serta kopling mulai slip? Tentunya ada permasalahan dengan kopling , salah nya ialah kampas kopling yang telah tidak tebal serta terang mesti ditukar.  Tetapi, sekarang ini perekonomian tengah tak stabil. Tak semuanya yang memiliki kendaraan ingin menggelontorkan duit untuk beli onderdil baru di toko. Lalu bagaimana bila telah kepepet serta saku cekak, sesaat kendaraan mesti selalu jalan. Ada pemecahannya, yakni memantek plat kopling. Kopling ini sebenarnya mempunyai rangka besi sisa, tetapi telah ditempeli material plat kopling baru.  Pantek Kopling “Kalau kampas kopling habis tak perlu beli baru. Bila ingin yang harga terjangkau, disini ada pelat kopling pantek.” ungkap A. Sahidin yang memiliki bengkel pelat kopling Multi Jaya Kekal. Memanglah kopling pantek mungkin saja jalan keluar untuk yang tengah begitu terbatas uangnya. Terlebih terkadang apabila beli di part asli di bengkel...

Tips Menghilangkan Ngantuk Saat Menyetir Mobil

Berkendara dengan memakai mobil pribadi adalah kebiasaan yang kerap dikerjakan oleh orang-orang di Indonesia. Bukan sekedar untuk pergi ke pasar atau kerja saja, banyak orang yang mengendarai mobil pribadi untuk pergi liburan atau ke tempat tinggal sanak saudara.  Jauhnya jarak yang ditempuh serta medan yg tidak menentu jadi persoalan sendiri untuk pengemudi. Belum lagi bila rasa kantuk mulai menyerang. Mengantuk adalah hal yang dapat dihadapi oleh kebanyakan orang. Hal itu yaitu hal yang normal, namun dapat membahayakan bila tengah ada dibalik lingkar kemudi.  “Saya sukai bingung sama orang Indonesia yang bangga dapat menyetir lama tanpa ada istirahat. Beberapa orang kita yang dengan mudah katakan habis menyetir sepanjang 16 jam bahkan juga 20 jam tanpa ada berhenti. Itu tujuannya apa. Ingin sombong atau bagaimana. Ingat, meskipun telah menyetir 20 jam juga belum pasti bisa piala serta jadi juara dunia,” ungkap Direktur Rifat Drive Labs (RDL), Rifat Sungkar.  ...