Langsung ke konten utama

Ketahui 10 Sparepart Ini Sering Mengalami Kerusakan

Pastinya akan begitu menjengkelkan bila kita tengah asik diperjalanan, motor anda mendadak mogok di dalam jalan, atau motor jadi merasa aneh serta tak nyaman untuk dikendarai. Banyak yang dapat mengakibatkan hal semacam ini. Untuk tahu pemicunya anda dapat cek dahulu 10 spare part yang seringkali rusak. Dengan mengetahui ini anda semakin lebih gampang serta terukur untuk memecahkan permasalahan yang berlangsung pada motor anda. 

Penasaran, apa sajakah spare part motor yang seringkali punya masalah? Segera saja kita simak berikut ini : 

1. Busi 
Busi adalah spare part yang seringkali buat motor mogok ditengah jalan. Meskipun ukurannya kecil namun busi begitu memegang fungsi utama untuk kehidupan motor anda. Umumnya, bila motor mogok ditengah jalan lalu anda membawanya ke bengkel paling dekat, jadi hal pertama yang bakal dikerjakan oleh bengkel yaitu mengecek si kecil ini. 

Terkecuali lantaran saat pakainya yang telah habis, penyebabnya rusaknya busi dapat juga karena sebab terserang cairan. Cairan dapat masuk lewat rongga yang ada pada busi, atau dapat juga dikarenakan oleh masuknya oli ke ruangan pembakaran. Hingga busi jadi basah serta tak dapat memercikkan bunga api. 

Diluar itu, kekeliruan pemakaian busi dapat jadi biang keladinya, pemakaian busi dengan embel-embel racing pada mesin standard dapat juga memperpendek umur busi. Lantaran tidak cocok dengan keadaan mesin, bahan bakar, juga pengapiannya. Karenanya baiknya pakai type busi yang sesuai sama motor anda, diluar itu juga teratur cek busi motor anda terlebih sesudah menerjang banjir. 

Ketahui 10 Sparepart Ini Sering Mengalami Kerusakan

2. Kampas Rem 
Bila kampas memanglah pastinya habis lantaran alami keausan. Baik pada system rem cakram ataupun tromol, umur kampas rem memanglah termasuk cukuplah singkat. 

Aspek yang mempercepat habisnya kampas rem ini terdapat beberapa, salah satunya yaitu, penyetelan rem yang sangat kencang, serta penganut memahami 'stop n go' dapat makin mempersingkat umur part ini. 

Diluar itu, penyusunan posisi disk cakram yg tidak rata atau speleng dapat juga bikin kampas aus samping. Untuk perpanjang usianya manfaatkanlah kampas yang berkwalitas, yang asli atau original. Juga senantiasa beli di toko spare part yang terpercaya. Juga janganlah lupa untuk lakukan setelan rem janganlah sangat kencang serta janganlah sangat kendor. 

3. Bearing/Laher Roda 
Makin lama dipakai pasti laher bakal jadi aus, ini dapat bikin speleng serta bikin kampas rem aus samping. Bila laher telah aus jadi velg kita bakal bergoyang-goyang. 

Kok dapat sih besi setebal serta sekeras itu aus, apa sebagai pemicunya? Banyak aspek sebagai pemicunya, namun yang seringkali yaitu jalanan yang berlubang. Lantas bagaimana dong agar laher tidak cepat aus? Jawabannya cukup simpel, belilah laher yang telah teruji mutunya, serta jalan yang berlubang, terkecuali bila kepaksa.. 

4. Komstir 
Waktu kita lewat jalanan yang berlubang, tidak cuma bearing atau laher saja yang bakal rusak, namun juga punya pengaruh pada komstir. 

Untuk hal penyebabnya rusaknya yang mengakibatkan rusaknya pada part ini tidak cuma jalan berlubang saja namun, salah pemasangan mungkin saja pemicunya. Untuk product komstir yang asli dengan kata lain original memanglah harga part yang satu ini cukup mahal. Tetapi anda dapat juga temukan komstir dengan kwalitas tidak jauh lain dengan harga yang lebih bersahabat. 

5. Bohlam 
Ini dia part yang begitu menolong kita menyusuri jalanan gelap di dalam malam. Part yang ini termasuk juga yang kerap alami rusaknya dengan kata lain putus. Tanpa ada pandang bulu dari mulai lampu paling utama, sen, serta rem juga kerap putus. Mungkin saja memanglah lantaran kwalitas bohlam zaman saat ini yang kurang bagus. 

Namun mungkin saja juga kelistrikkan anda yang punya masalah yang dapat jadi pemicunya. Sebelumnya menyalahkan bohlamnya baiknya check dahulu kelistrikan motor anda, bila telah bagus bermakna memanglah bohlamnya yang kurang berkwalitas. Bila telah di pastikan kelistrikkannya bagus, jadi baiknya ganti saja lampu wolfram standard dengan lampu LED. Lampu LED terkecuali mempunyai kelebihan di bagian mengkonsumsi dayanya yang irit, juga umurnya yang lebih panjang dibanding dengan lampu umum. 

6. Aki 
Aki memanglah termasuk part yang bandel serta tidak segampang rusak komponen di atas. Rusaknya yang bisanya dihadapi aki yaitu tekor. Umumnya penyebabnya tekornya aki yaitu lantaran berlebihnya beban listrik. Atau pada aki basah umumnya lantaran anda tak memerhatikan ketinggian airnya. Sebatas info, aki zaman saat ini umurnya lebih tambah lebih singkat dibanding dengan aki dahulu kala. 

Anda dapat kurangi beban listriknya untuk melindungi supaya aki tak gampang tekor. Bila ingin langkah yang lebih mahal, anda dapat ganti system kelistrikan motor anda. Dengan system fullwave agar pengisian ke aki jadi semakin besar. 

7. Karet Seal 
Seal karet ini dipakai dibanyak sisi pada motor anda. Tetapi, bisanya yang paling cepat rusak yaitu seal pada sockbreaker, seal kruk as serta seal pompa oli. Untuk seal sockbreaker umumnya rusak lantaran kerap menerjang jalanan dengan medan yang berlubang serta tak rata. Bila untuk seal pada mesin umumnya berlangsung rusaknya jika, mesin alami panas berlebihan hingga karet seal memuai. 

Nah, langkah untuk hindari dari cepatnya seal rusak yaitu dengan senantiasa beli part yang original serta berkwalitas. Janganlah segan permasalahan harga yang memanglah umumnya lebih mahal daripada yang bukanlah original. Untuk perpanjang usia seal sockbreaker, anda baiknya berkendara dengan kecepatan yang lebih enjoy saat hadapi medan jalan yang berlubang. Untuk karet mesin sendiri, seperti seal kruk as. Anda dapat berusaha untuk mengukur 'napas' dari mesin motor anda hingga mesin tak alami panas berlebihan, yang bisa mengakibatkan memuainya seal pada mesin. 

8. Kabel Kopling 
Untuk anda yang mempunyai motor yang memakai kopling, mungkin saja pernah alami bagaimana kesalnya waktu kabel kopling mendadak putus dijalan. Pada sebagian motor kabel kopling ini kerap alami putus, atau sekurang-kurangnya jadi seret, bila rusaknyanya tak kronis. 

Hal semacam ini berlangsung lantaran dikarenakan oleh dari kwalitas kabel kopling yang jelek, atau mungkin saja lantaran ada karat di bagian dalam kabel kopling, biasanya terguyur hujan dapat jadi pemicunya. Diluar itu, pastinya umur juga mepengaruhi. Saat tanda-tanda seret telah mulai merasa baiknya ganti dengan kabel kopling yang baru serta yang mempunyai kwalitas baik. Atau sebagai langkah perawatan anda dapat menyemprotkan pelumas kedalam dalam kabel kopling itu, supaya kurangi karat yang ada didalamnya. 

9. Rantai serta Gearset 
Memanglah sesungguhnya part ini mempunyai ketahan yang cukup lama, tetapi kadang waktu part ini dapat alami pergantian setelannya. Umur part ini sesungguhnya dapat meraih tahunan, tetapi lantaran stelan yang sangat kencang serta kerja beban motor yang sangat berat, dapat jadikan part ini aus serta gampang kendor. Kelihatannya kita tentu telah tak asing lagi dengan motor yang gearsetnya sama rantainya bunyi. Lagi-lagi manfaatkanlah part yang berkwalitas, yang berbahan terbuat berbahan yang berkwalitas hingga dapat tahan lama. 

Diluar itu, cermati juga setelan kemelut rantai, janganlah sangat kencang juga janganlah sangat kendor. Serta cermati beban motor, jika motor kerap alami keunggulan beban jadi kemampuan gearset serta rantainya akan jadi lebih berat. Anda dapat juga memberikan part penambahan spesial untuk rantai atau istilahnya chain tensioner untuk menghindar rantai jadi cepat kendor. 

10. Ban 
Mungkin saja anda pernah pusing saat lihat ada yang aneh pada ban kita misalnya, kok batiknya miring samping? Kok ban saya cepat aus yah? serta mengapa ban dalam cepat kempes atau bocor sih? Yang pertama penyebabnya batik pada ban jadi miring samping yaitu mungkin saja lantaran dikarenakan oleh laher roda, atau komstir yang telah oblak. Hingga posisi roda telah tak center (ada di dalam) lagi. 

Karenanya coba kerap dicek sisi rodanya supaya terlepas dari miring sampingnya batik pada ban anda. Lalu ban bocor atau kempes, untuk pemicunya dapat bermacam dari mulai teror ranjau paku yang disebar oleh orang orang yg tidak bertanggungjawab. Keunggulan beban pada motor, serta dari pemakaian ukuran ban yang tidak cocok atau sangat kecil. 

Untuk hindari ban bocor lantaran keunggulan beban, senantiasa cermati beban optimal yang dapat diangkut oleh motor anda. Juga cermati ukuran ban luar serta ban dalam, apakah telah sesuai sama ukurannya? Umpamanya, jika anda memakai ban luar dengan ukuran 3. 00 jangan sampai memakai ban dalam dengan ukuran yang lebih kecil umpamanya 2. 00. 

Tersebut sebagian part pada motor yang kerap alami rusaknya, terkecuali lantaran aspek kwalitas part yang dipakai, umur juga memengaruhi rusaknya satu spare part. Mudah-mudahan artikel yang saya berikan kesempatan ini dapat berguna untuk anda.

Jangan lewatkan informasi menarik Harga Motor Yamaha Jupiter MX King 150.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memaksimalkan Fitur Keselamatan Untuk Mencegah Nyawa Melayang

Piranti system keselamatan berkendara pada mobil, saat ini semakin ramai dipakai pada kendaraan didunia. Feature yang umum tersemat di bagian penghenti laju pada kendaraan ini, biasanya telah jadi sisi dari peralatan standard waktu kendaraan di luncurkan.  Hasil studi yang pernah dikerjakan oleh Boston Consulting Group mengatakan, kian lebih 25% tabrakan mobil di AS semestinya tidak berlangsung bila customer mobil baru memakai tehnologi system keselamatan ini.  Fitur Keselamatan Mobil Instansi ini melaporkan hasil studinya di Amerika Serikat, kalau tehnologi keselamatan paling baru seperti Anti-lock Braking Sistem, Electronic Brake Distribution, Brake Assist, Smart City Braking serta piranti pengereman automatis yang lain sesungguhnya bisa menyelamatkan 10. 000 jiwa per th. dari keseluruhan 33. 000 peristiwa kecelakaan jalan raya di jalan raya.  Tidak cuma mencegah korban jiwa, system itu dikalkulasikan juga menghindar terjadinya kerugian sebesar USD 2...

Pantek Kopling Saat Dana Terbatas

Pikirkan bila tengah berkendara dengan mobil manual, mendadak tercium bau gosong serta kopling mulai slip? Tentunya ada permasalahan dengan kopling , salah nya ialah kampas kopling yang telah tidak tebal serta terang mesti ditukar.  Tetapi, sekarang ini perekonomian tengah tak stabil. Tak semuanya yang memiliki kendaraan ingin menggelontorkan duit untuk beli onderdil baru di toko. Lalu bagaimana bila telah kepepet serta saku cekak, sesaat kendaraan mesti selalu jalan. Ada pemecahannya, yakni memantek plat kopling. Kopling ini sebenarnya mempunyai rangka besi sisa, tetapi telah ditempeli material plat kopling baru.  Pantek Kopling “Kalau kampas kopling habis tak perlu beli baru. Bila ingin yang harga terjangkau, disini ada pelat kopling pantek.” ungkap A. Sahidin yang memiliki bengkel pelat kopling Multi Jaya Kekal. Memanglah kopling pantek mungkin saja jalan keluar untuk yang tengah begitu terbatas uangnya. Terlebih terkadang apabila beli di part asli di bengkel...

Tips Menghilangkan Ngantuk Saat Menyetir Mobil

Berkendara dengan memakai mobil pribadi adalah kebiasaan yang kerap dikerjakan oleh orang-orang di Indonesia. Bukan sekedar untuk pergi ke pasar atau kerja saja, banyak orang yang mengendarai mobil pribadi untuk pergi liburan atau ke tempat tinggal sanak saudara.  Jauhnya jarak yang ditempuh serta medan yg tidak menentu jadi persoalan sendiri untuk pengemudi. Belum lagi bila rasa kantuk mulai menyerang. Mengantuk adalah hal yang dapat dihadapi oleh kebanyakan orang. Hal itu yaitu hal yang normal, namun dapat membahayakan bila tengah ada dibalik lingkar kemudi.  “Saya sukai bingung sama orang Indonesia yang bangga dapat menyetir lama tanpa ada istirahat. Beberapa orang kita yang dengan mudah katakan habis menyetir sepanjang 16 jam bahkan juga 20 jam tanpa ada berhenti. Itu tujuannya apa. Ingin sombong atau bagaimana. Ingat, meskipun telah menyetir 20 jam juga belum pasti bisa piala serta jadi juara dunia,” ungkap Direktur Rifat Drive Labs (RDL), Rifat Sungkar.  ...